Teknologi Big Data Analytics Sebagai Mekanisme untuk Sokong Pelaksanaan New Normal

educba

Saat ini isu mewabahnya Virus corona sudah tidak dapat lagi dipisahkandari keseharian masyarakat, oleh karena itu Era New Normal dilaksanakan agar meskipun virus tetap ada namun kehidupan normal bisa dijalankan dengan mematuhi protokol tertentu. Dengan situasi ini maka pemerintah dan seluruh elemen masyarakat harus bergerak cepat, salah satu yang mungkin potensial untuk memberikan solusi adalah yang bisa dimanfaatkan secara fungsinya dalam penanganan ini adalah teknologi big data analytics.

Lalu secara umum apa saja fungsi utama dari teknologi Big Data Analytics untuk Menyokong Kehidupan di Era New Normal?

1. Memprediksi Trend di Era New Normal

Konten-konten yang tersebar di portal daring khususnya media sosial yang berisi opini-opini yang bersifat personal dari akun-akun warganet bisa digeneralisasi untuk menentukan minat, hobi hingga kebutuhan akan suatu produk dan jasa. Selain itu dengan menganalisis pola-pola bermedia sosial warganet maka akan diketahui mengenai konten-konten apa yang diminati oleh masyarakat, hal ini kemudian bisa dijadikan insight untuk menentukan trend terkini.

2. Menentukan Strategi Bisnis dan Memberikan Ide untuk Pemasaran

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam menentukan strategi bisnis, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan hasil laporan dari analisis big data yang dilakukan pada mekanisme Media Monitoring dan Media Analytics, dari laporan/report yang dikeluarkan secara berkala yang menyajikan hasil pengolahan big data. Terlebih lagi pola belanja yang berubah di Era New Normal, hal ini mendorong lahirnya inisiatif baru.

3. Mendeteksi Dini Suatu Isu

Karena perkembangan isu yang cenderung bergerak begitu cepat maka perlu untuk mengetahui mana saja isu-isu prioritas yang perlu mendapatkan penanganan yang lebih cepat agar suatu isu tidak mencapai situasi krisis, terlebih di tengah pandemi namun kehidupan dengan tatanan kenormalan baru tetap harus berjalan. Dengan deteksi isu secara lebih dini maka suatu isu ditindaklanjuti secara lebih cepat, deteksi isu secara dini juga bisa dikatakan sebagai mekanisme preventif.

4. Collecting Data yang Disajikan dalam Sistem Terpadu

Pengumpulan data terkait suspect Coron, data penderita, pemetaan lokasi, serta kepemilikaan SIKM perlu dirangkum dalam sistem terpadu. Data-data ini dihimpun untuk mengetahui kategori-kategori tertentu untuk bisa membantu men-tracking seseorang dan mengetahui pola-pola terkait selama masa New Normal. Data-data yang telah dihimpun bisa ditampilkan dalam sistem terpadu seperti halnya aplikasi maupun website yang bisa dipantau melalui telepon pintar maupun komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *