Pentingnya Keamanan dan Privasi Data pada Penerapan Smart City

Saat ini Konsep smart city banyak di implementasikan di kota-kota besar di seluruh dunia, dengan menggunakan metode pengumpulan data yang merupakan pemanfaatan Big Data, pengumpulan data tersebut dikumpulkan dari warga, perangkat dan aset yang diproses dan dianalisis oleh perangkat fisik yang terhubung ke Jaringan (Internet of Thing) sehingga menghasilkan data dalam jumlah besar. Hal tersebut terbukti dapat menciptakan koneksi instan dengan warga sehingga roda pemerintahan berjalan lebih efisien, produktif dan transparan.

Smart city ditargetkan akan menjadi konsep dimana kota yang menyandang predikat kota pintar harus bisa mengurangi konsumsi sumber daya, mengurangi penggunaan listrik dan air, mengurangi kemacetan lalu lintas, mempermudah akses transportasi dan komunikasi, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan Big Data dan perangkat IoT (Internet of Thing) dalam penerapannya.

Namun di sisi lain, saat semua kota besar menggunakan konsep smart city, muncul kekhawatiran masyarakat terkait keamanan dan privasi data, ancaman yang mempengaruhi kerahasiaan data, integritas, aksebilitas ditandai secara terus menerus sehingga rentan terkena serangan siber. Semakin banyak perangkat IoT yang digunkan akan menimbulkan potensi serangan-serangan siber yang merugikan semua pengguna IoT.

Oleh karena itu perlunya peranan penting pemerintah kota untuk mengetahui permasalahan keamanan data yang berkaitan dengan hal-hal cerdas, ruang, layanan, dan keamanan warga Negara. Juga memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada dengan membuat kebijaksanaan maksimal terkait penerapan konsep smart city.

Selain itu, untuk mengantisipasi serangan-serangan siber, pengembang dikabarkan akan mengadopsi teknologi Blokchain. Blokchain merupakan teknologi yang digunakan dalam cryptocurrency adalah teknologi yang aman untuk memberikan konektivitas yang lebih aman dalam prosesnya. Beberapa algoritma machine learning yang digunakan dalam blokchain dapat memudahkan pelacakan suatu perangkat. Hal ini sangat penting digunakan untuk mengamankan IoT dalam pengembangan Smart City ini.

Dengan perpaduan blokchain dan machine learning dalam pengembangan smart city akan meningkatkan keamanan yang tinggi untuk melindungi perangkat IoT dan juga akan mengamankan sistem pada Smart City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *