Peran Penting Social Media Monitoring

Media Sosial kini sudah menjadi salah satu komponen terpenting dalam sebuah Brand atau perusahaan dalam membangun citranya, media sosial kini amat sangat berperan dalam menetukan bagaimana sebuah Brand membentuk citra atau persona dimata pelanggan mereka.  Selain semakin banyaknya pengguna media sosial juga menjadi ajang para Brand atau perusahaan dalam mengambil hati pelanggan atau para pengguna media sosial.

Media sosial juga mampu menjadi tempat para penggunanya merepresentasikan bahkan berkomentar terkait sebuah Brand atau perusahaan, baik itu hanya berupa ulasan, kritik atau pujian. Namun terkadang beberapa Brand tidak mampu memonitoring apa saja informasi yang berkaitan dengan brandnya di media sosial karena keterbatasan yang dimiliki. Untuk itulah dalam kasus seperti ini dibutuhkan sebuah tools untuk mempermudah sebuah Brand dalam menggali informasi terkair tentang dirinya dimedia sosial salah satunya adalah dengan Social Media Monitoring.

Lantas apa saja yang bisa dilakukan oleh Social Media Monitoring untuk Brand anda?

Brand Sentimen

Penggunaan Social Meda Monitoring dapat membantu kita dalam mengetahui sentimen terkait Brand yang kita miliki baik itu bersifat positif, negative ataupun netral. Pada fitur ini sebagai sebuah Brand kita dapat menganalisa lebih jauh bagaimana reputasi kita diperbincangkan di media sosial, hasil dari analisa inilah yang bias menjadi sesuatu (decision) bagaimana harus memperbaiki kekurangan, mempertahankan kelebihan dan menjadi lebih baik lagi.

Buzz atau Jumlah Postingan

Pada fitur ini, kita akan tau seberapa banyak postingan orang-orang terkait dengan brand kita, baik mention atau juga tidak mention akun Brand kita, di sinilah keunggulan dari Social Media monitoring ini karena terkadang kita hanya akan memeperhatikan orang-orang atau akun-akun yang hanya memention kita saja terkadang kita luput dari akun-akun yang membicarakan kita tanpa memention kita. Kita pun bias mengukur seberapa popular kita di media sosial dengan mengetahui seberapa banyak orang atau pengguna yang membicarakan terkait Brand kita sendiri.

Kompetitor

Sebagai pelaku usaha tentunya kita memiliki yang namanya competitor di bidang usaha yang sama, inilah yang bisa dilakukan oleh Social Media Monitoring selain bisa memonitoring Brand kita sendiri kita pu dapat memonitoring segala aktivitas competitor di media sosial. Ini semua bisa kita gunakan untuk menyusun langkah strategis bagaimana kita harus bertindak kedepannya dengan tujuan untuk bisa selalu bersaing dari competitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *