Prediksi Tren Media Sosial 2020

Perkembangan dunia digital sangatlah cepat terlebih di media sosial, tentunya kita harus mengikuti tren-tren terbaru agar kita mampu menyesuaikan dengan strategi kita. Beberapa minggu lalu banyak situs-situs yang merilis sebuah artikel terkait prediksi tren media sosial apa yang akan menjadi popular di tahun 2020, dalam rilisnya mereka menyebutkan akan ada beberapa tren media sosial yang akan terjadi pada tahun depan.

Konten Video

2 Tahun terkahir ini, konten video amat sangat diminati oleh  beberapa brand bahkan perushaan-perusahaan besar dalam mempromosikan produk juga perusahaan mereka, baik berupa talk show, video profile, company profile hingga web series. Terlebih jika brand-brand ini memiliki ide gila dan berani di setiao video yang mereka buat yang pastinya akan menambah engagement, jangkauan bahkan bias menjadi trending topic yang terus menerus dibahas di media sosial, tentunya ini akan membuat awareness brand ini menjadi semakin luas akan mempermudah jika mereka memilik produk atau pun campaign-campaign baru mereka.

Tik Tok

Tik Tok merupakan sebuah jaringan sosial dan platform video musik yang berasala dari Tiongkok, dalam aplikasi Tik Tok kita semua sebagai pengguna bisa video musik pendek kita sendiri. Fenomena Tik Tok ini cukup menarik dari yang semula diblokir hingga kini tanpa kita sadari popularitasnya justru semakin melejit. Bahkan pada Maret lalu Sensor Tower memberikan sebuah pernyataan bahwa Tik Tok telah diunduh sebanyak 1 miliar kali. Mengapa justru setelah pemblokiran tersebut Tik Tok semakin populer?  Perlu kita akui bahwa Tik Tok merupaka sebuah aplikasi yang juga dapat membuat penggunnanya berkreasi dengan bebas sesuai dengan yang mereka inginkan, penggabungan music dan pembuatan video ini lah yang membuat aplikasi Tik Tok ini tetap diminati banyak penggunnanya.

Dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence), TikTok dapat dengan mudah mengetahui kebiasaan pengguna dan konten-konten yang disukai oleh para penggunnanya. Pemanfaatan teknologi AI (Artificial Intelligence) inilah yang dimanfaatkan lebih lanjut oleh teknologi machine learning untuk mengurasi konten yang disuguhkan.

Influencer Marketing

Influencer Marketing akan tetap tumbuh pada tahun ini, eksistensi penggunaan dan kebutuhan akan adanya Influencer akan stabil bahkan terus tumbuh sebagai “metode pemasaran” yang dipilih oleh online shop, UMKM, brand hingga perusahaan-perusahaan besar. Pemanfaatan Influencer sebagai metode pemasaran ini sangatlah menarik mengapa? Karena para pemakai jasa Influencer ini memanfaatkan sosok berpengaruh dari Influencer itu sendiri dalam memberikan atau pun mempengaruhi para pengikut mereka di media sosial. Influencer sendiri pasti memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi pengikutnya, karena biasanya seorang Influencer memiliki pengikut yang memang menyukai sesuatu atau bahkan segala hal yang berkaitan dengan Influencer tersebut. Dengan tren ini sekarang semua online shop, UMKM, brand hingga perusahaan-perusahaan besar berlomba-lomba melibatkan Influencer dalam prodak atau pun campaign-campaign mereka.

Video Stories

Tahun ini adalah tahunnya Video Stories dan ini akan tetap berlanjut untuk tahun 2020 nanti, meskipun dahulu snapchatt adalah media sosial pertama yang mempunyai fitur ini lalu dilanjutkan dengan Instagram, dan kini hampir seluruh media sosial memiliki fitur ini. Terhitung beberapa sosial media yang memiliki fitur ini adalah Snapchatt, Instagram, WhatsApp, Facebook hingga  YouTube.

Video Stories banyak diminati karena menunjuka segala sesuatu, keadaan kondisi pengguna secara langsung, ini sema lebih memudahkan pengguna ketika mereka ingin membagi keseharian mereka di media sosial, terlebih kini Instagram sudah memfasilitasi pengguannya untuk membuat filter Instagram mereka sendiri, dan inilah yang membuat penggunnanya mempunyai sebuah pengalaman baru.

Podcast

Tahun 2019 dimana Podcast menjadi sebuah tren yang banyak diminati oleh pengguna internet, uniknya Podcast adalah sebuah alternative konten pilihan tapi tidak akan pernah menggeser industri radio. Mungkin 2 atau 3 tahun lalu kita mendengarkan ini di Souncloud, namun lambat laun kini Spotify menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk mendengarkan Podcast dilanjutkan dengan Google Podcast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *