5 Langkah Penting Startup. AARRR Framework.

Lima langkah ini digunakan untuk mengetahui aspek apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan produk atau startup melalui seperti apa perjalanan atau perilaku customer. Untuk memulai membangun startup kelima langkah ini dinilai sangat penting untuk membantu melihat seperti apa dan bagaimana pertumbuhan yang terjadi.

AARRR Framework atau disebut juga “Metrik Bajak Laut” ini perkenalkan oleh Dave McClure, seperti dilansir dari dewaweb.com Dave McClure, seorang venture capitalist, angel investor, dan founder dari startup accelator 500 startups.

AARRR ini terdiri dari Acquisition (mendapatkan customer baru), Activation (meyakinkan customer  untuk mengguakan produk), Retention (meningkatkan customer loyalty), Referral (mendapatkan customer baru melalui word-of-mouth), Revenue (mendapatkan pemasukan)

Acquisition

Langkah ini untuk mengetahui seberapa banyak dan darimana customer atau pelanggan datang. Setelah mengetahui perilaku customer, seperti berapa banyak, melalui platform apa dan rata-rata berapa lama waktu yang dibutuhkan, data-data tersebut dapat digunakan untuk membuat strategi yang tepat.

Activation

Bagian ini adalah untuk mengetahui seberapa puaskah pelanggan atau cutomer menggunakan prodak atau jasa yang telah diberikan.

Retention

Mengetahui apakah customer menggunakan prodak kita hanya sekali atau beberapa kali bahkan seterusnya dan apakah kehilangan customer. Data-data yang diperoleh digunakan untuk melakukan pengecekan apakan strategi marketing yang digunakan sudah tepat atau belum. Lahkah ini sangat penting karena menentukan nyawa dari sturtup atau prodak dan jasa yang dijual.

Referral

Membuat customer menceritakan kelebihan produk atau jasa yang dimiliki dan dapat meng-influence orang lain. Saat ini sudah banyak bisnis yang menawarkan berbagai keuntungan bila mengajak teman atau orang lain untuk menggunkan prodak atau jasa yang dijual. Langkah ini dapat meningkatkan traffic dan jumlah customer.

Revenue

Tahapan ini dapat membantu meningkatkan pendapatan, akan sangat baik ketika customer terlibat dalam kegiatan monetisasi atau mendatangkan keuntungan seperti pembelian produk atau jasa dan juga bisa melalui pemasangan iklan di web atau platform yang kita miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *