8 Langkah Strategi Bisnis di Instagram

1. Tentukan Terlebih Dahulu Tujuan Kampanye

Menentukan tujuan kampanye merupakan cara dasar dari beriklan, namun sebelum melakukan kampanye tentukan dulu hal yang akan dijual apakah itu berupa jasa atau berupa barang. Dalam menetapkan tujuan ada beberapa pilihan yang bisa dipilih seperti brand awareness, website traffict, leads, video view  dan juga konversi.

2. Pertimbangkan Kebutuhan Pelanggan

Dalam membuat konten dan melakukan periklanan adakalanya pemilik bisnis memikirkan solusi dari kebutuhan calon pelanggan,  dengan memikirkan terlebih dahulu sosusi kebutuhan pelanggan maka penjualan online akan mudah diraih.

3. Ceritakan Isi Unggahah Instagram

Cerita adalah sebuah cara yang kuat untuk meningkatkan sebuah branding produk. Dengan meningkatkan cerita unggahan sebuah produk, hal tersebut  akan meningkatkan sebuah value bagi calon pelanggan. Cerita dari sebuah unggahan bisa berisi proses pembuatan  sebuah  barang atau juga bisa berisi tokoh di balik pembuatan sebuah barang.

4. Tunjukkan Cara Pemakaian Sebuah Produk

Sebuah akun bisnis di Instagram akan terlihat tidak lengkap apabila dalam sebuah akunnya tidak didapati tutorial menggunakan sebuah produk, terkadang calon pelanggan mengharapkan beberapa referensi dari orang  yang membuat untuk memberi arahan cara memakai sebuah produk.

5. Behind the Scenes

Pembuatan sebuah produk mempunyai sebuah nilai jika diperlihatkan seorang tokoh di dalamnya. Siapa pemilik bisnisnya, siapa orang yang mengatur sebuah akun, serta siapa yang membuat produk tersebut. Dengan menampilkan behind the scenes maka akan meningkatkan interaksi antara pelanggan dan pemilik akun.

6. Menunjukkan Apresiasi yang Telah Diraih

Sebuah kepercayan pelanggan untuk sebuah brand dapat diraih dengan menunjukan apresiasi apa saja yang telah diraih di dalam postingan instagram. Dengan menunjukkan hal tersebut seorang pelanggan akan mempercayai kualitas produk dari suatu brand, tentunya cara ini dapat meningkatkan branding bisnis menjadi terlihat high class.

7. Membuat Event dan Promo pada Unggahan Instagram

Gunakan event atau sebuah promo untuk sebuah unggahan produk di Instagram, cara ini sudah terbukti berhasil, dengan menekankan pada proses penjualan yang memainkan sisi psikologis calon pembeli.

8. Gunakan Gambar yang Authentic

Menggunakan unggahan gambar yang otentik atau yang terlihat asli akan mempengaruhi sebuah brand, unggahan yang terlihat asli akan mempunyai nilai kejujuran di mata orang lain. Gambar authentic adalah gambar yang paling disukai oleh semua orang dan gambar authentic  sendiri adalah gambar yang disarankan oleh Facebook dan Instagram.

By: Fauzan Najib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *