8 Cara SEO Youtube

SEO atau search engine optimization merupakan hal yang penting untuk mengincar peringkat nomer 1 di pencarian, tulisan ini ditujukan untuk berbagi cara SEO pada platform Youtube. Cara ini sangat mudah dilakukan untuk  para pemula sekalipun yang ingin belajar tentang SEO Youtube  berikut adalah sebuah contoh video yang menggunakan SEO.

Berikut adalah cara-caranya:

  1. Lakukan Research pada Kata Kunci

Banyak pengguna Yotube yang tidak tahu bagaimana cara  melakukan research pada kata kunci di Youtube dan itu menjadi sebuah permasalahan. Melakukan research di Youtube bisa menggunakan aplikasi gratis yang bernama Tubebuddy. Tubebuddy sendiri adalah sebuah aplikasi sederhana yang bisa diinstal dan dilakukan sinkronisasi di browser.

Jika sudah tersinkronisasi tampilannya akan seperti di atas, contoh kita mengincar kata “pantai” untuk dilakukan research kata dan volume pencarian. Kata tentang pantai ada sebanyak  782 ribu pencarian dan kompetisi yang sangat tinggi, dan berarti untuk optimization sangat sulit bagi para Youtuber pemula, untuk Youtuber pemula bisa bermain di kata yang persaingannya tidak ketat walaupun pencariannya tidak terlalu banyak, jika sebuah chanel sudah berkembang barulah bisa bermain di kompetisi kata yang ramai persaingannya.

2. Taruh Kata Kunci di Meta Tag  dan Title Tag

Setelah melakukan research tadi, taruh beberapa kata kunci yang telah diresearch pada judul maupun  di deskripsi video. Namun untuk di deskripsi penulisannya tak bisa ditaruh terlalu banyak,  karena itu akan membuat pemaksaan kata. Tulis saja  kata kunci tersebut secukupnya secara natural.

3. Tingkatkan CTR (click through rate)

source :
https://youtu.be/D4HditdUjLc

CTR adalah singkatan dari click through rate atau bisa disebut Click to rate.

Cara meningkatkan click through rate pada video youtube sebenarnya sederhana. Youtuber bisa membuat thumbnail yang menarik atau bisa disebut dengan sebutan click bait, seperti ini salah satu  contohnya:

menggunakan click bait itu sangat diperbolehkan yang tidak diperbolehkan adalah missleading yang berarti thumbnail dan isi video tidak ada keterkaitan.

4. Gunakan Tag yang Relevan

Setelah melakukan research, gunakan kata kunci tadi sebagai tag video. Maksimal gunakan 15 tag untuk sebuah video yang akan diterbitkan.

5. Pertahankan Time Audience Retention

source https://backlinko.com/hub/youtube/retention

Audience retention adalah suatu faktor yang sangat penting untuk SEO Youtube. Menurut seorang SEO expert dunia audience retention adalah faktor yang sangat mempengaruhi rangking video di Youtube, dan Youtube membenarkan hal tersebut, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Jika mengincar sebuah kata dan mau mengalahkan pesaing, pastikan audience retention bagus. Hal tersebut dibuktikan dari penonton yang masuk  untuk menonton sampai habis.

6. Gunakan Waktu Tayang yang Lebih dari Pesaing

Setelah sudah tahu dengan audience retention buatlah sebuah video yang kira-kira menitnya lebih banyak dari pesaing. Contoh akan membidik sebuah keyword “bakso” setelah melihat ada video dengan durasi 5:43 dengan urutan paling atas, buatlah sebuah video yang timenya lebih banyak dari peringkat 1 tersebut seperti 6 menit ataupun 7 menit disebuah video.

7. Gunakan kata kunci tadi menjadi suara di video

Suara juga bisa  menjadi kata kunci di video  Youtube, seperti yang diketahui saat ini bahwa Google dapat merubah suara menjadi data dan mengeluarkan data tadi menjadi sebuah suara, cara ini bisa dilakukan untuk melakukan optimasi video di Youtube.

8. Share Video ke Sosmed Lain

Untuk cara yang satu ini bisa dilakukan pada media sosial lain seperti di Facebook, Instagram, dan juga Linkedin tapi ingat share video jangan terlalu berlebihan, 1 share untuk 1 platform. Jika mempunyai anggaran untuk beriklan lakukan di instagram dan juga facebook, dengan durasi video yang tidak lengkap sehingga penonton penasaran dan membuat mereka melakukan link click pada chanel video Youtube.

Sekian informasi  untuk tips  8 cara SEO youtube, semoga bermanfaat.

By: Fauzan Najib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *