9 Langkah Kampanye Pemasaran Sukses.

Dalam melakukan kampanye pemasaran, banyak hal yang harus dilakukan, mulai dari perencanaan hingga eksekusi. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar kampanye menjadi efektif.

1) Ketahui Bagaimana Kampanye Pemasaran Sesuai Dengan Rencana

Idealnya, sebelum merencanakan kampanye pemasaran, Anda harus memiliki rencana pemasaran untuk bisnis. Rencana pemasaran adalah rencana induk untuk memasarkan bisnis. Ini memberikan keseluruhan tujuan dan strategi pemasaran untuk memikat target pasar ke produk atau layanan Anda. Kampanye pemasaran, di sisi lain, hanya terdiri dari satu bagian kecil dari rencana pemasaran Anda yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu. Ketika Anda tahu bagaimana kampanye pemasaran  sesuai dengan keseluruhan rencana, Anda dapat mengidentifikasi target pasar dan cara terbaik untuk mencapainya.

2) Tetapkan Tujuan dan Parameter Kampanye Pemasaran

Apa yang ingin dicapai oleh kampanye Anda? Tujuan kampanye harus sespesifik mungkin. Dalam kampanye harus menetapkan jumlah penjualan tertentu untuk produk, layanan tertentu, serta dalam jumlah waktu tertentu. Hal tersebut diperlukan agar parameter kampanye berfokus pada satu tujuan sehingga dapat diukur efektivitasnya saat kampanye berlangsung.

Formula objektif kampanye pemasaran yang umum adalah Apa yang akan dicapai dan berapa lama kampanye pemasaran berjalan. Misalnya, penjualan masker kecantikan wajah akan meningkat sebesar 50 persen dalam 3 bulan atau penjualan layanan perjalanan akan meningkat sebesar 15 persen selama 8 minggu ke depan.

3) Tentukan Metrik Pemasaran untuk Mengukur Keberhasilan

Metrik pemasaran sebagai alat untuk mengukur kinerja pemasaran dan akan memberi tahu jika kampanye pemasaran Anda berhasil. Selain itu metrik pemasaran memungkinkan untuk memberi insight dan menilai kampanye yang dijalankan sepadan dengan biayanya, serta masih layak untuk diteruskan.

Jika tujuan pemasaran Anda adalah untuk meningkatkan kesadaran akan brand atau untuk meningkatkan peringkat halaman mesin pencari situs web, Anda dapat menggunakan Google Analytics atau menggunakan layanan data analytics dari perusahaan yang menyediakan seperti Kazee id.

4. Tetapkan Anggaran Kampanye Pemasaran

Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk kampanye Anda akan sangat memengaruhi strategi pemasaran yang Anda pilih. Beriklan di televisi nasional akan jauh lebih mahal daripada iklan di televisi lokal atau di media sosial.

Jangan bergantung pada strategi iklan dan promosi gratis untuk bisnis. Ini bukan berarti bahwa semua strategi pemasaran gratis itu buruk, tetapi selalu ada biaya untuk pemasaran bahkan jika itu hanya waktu Anda. Cara paling efektif untuk menjangkau pelanggan mungkin tidak murah, jadi bersikaplah realistis saat menetapkan anggaran.

5) Pilih Strategi Pemasaran untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan

Platform atau saluran komunikasi yang digunakan harus direncanakan dalam membuat strategi pemasaran. Untuk menemukan saluran komuniasi yang tepat, Anda harus mengetahui target pasar. Misalnya, jangan letakkan iklan di radio jika target pasar Anda tidak secara teratur mendengarkan radio. Cari tahu dan pertimbangkan di mana target pasar Anda menghabiskan waktu, di mana mereka paling mungkin melihat atau mendengar dan memperhatikan informasi tentang produk atau layanan Anda. Maka disanalah Anda bisa menaruh iklan, entah di televisi, radio, media online, koran, majalah atau di media sosial.

6) Buat Timeline dan Rencana Tindakan

Rekam dengan tepat yang akan Anda lakukan dan kapan melakukannya. Ini akan sangat meningkatkan peluang yang Anda ikuti dan akan memberi Anda catatan untuk mengevaluasi keberhasilan kampanye pemasaran Anda.

Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak manfaat promosi dengan beriklan di tempat lain. Misalnya, membeli iklan spanduk di situs web yang terkait dengan produk Anda atau menempatkan iklan di majalah yang sesuai.

7) Eksekusi Kampanye Pemasaran

Tulis salinan iklan Anda. Tegaskan tanggal Anda. Tempatkan iklan Anda. Cari seseorang untuk menjadi wajah kampanye pemasaran online Anda. Tindakan apa pun yang melibatkan kampanye Anda, jalankan. Kembali ke garis waktu rencana tindakan Anda dan periksa item dari menulis di tanggal penyelesaian. Ini akan membuat Anda teratur dan termotivasi.

8) Ukur Hasil Kampanye

Ketika kampanye berakhir, saatnya untuk mengukur keberhasilannya. Hitung seberapa banyak produk atau layanan yang Anda jual per minggu atau bulan sebelum kampanye dan setelah kampanye. Jika tujuan pemasaran adalah meningkatkan penjualan produk atau layanan 25 persen selama empat bulan, bandingkan angka penjualan setiap bulannya.

9) Keindahan Metrik

Mengapa metrik sangat penting? Setelah mengetahui hasil kampanye pemasaran, Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran. Misalkan kampanye pemasaran produk Anda meningkatkan penjualan produk tersebut sebesar 41 persen. Maka Anda akan mengulangi kampanye Anda tahun depan.

Metrik memberikan informasi yang Anda perlukan untuk menyesuaikan kampanye. Jika data menunjukkan bahwa hanya 2 persen peningkatan penjualan yang berasal dari strategi Twitter dan Facebook, Anda mungkin memutuskan untuk menghilangkannya dari kampanye tahun depan.

Beberapa mungkin berpendapat bahwa kampanye pemasaran apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali karena mengarahkan usaha pemasaran usaha Anda. Namun, untuk hasil maksimal, merencanakan dan menggunakan metrik adalah strategi terbaik.

Berikut 9 langkah kampanye pemasaran sukses yang dilansir dari thebalancesmb.com,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *