Sebagai Sebuah Brand Kalian Harus Tahu Ini

Persaingan dalam dunia bisnis kini bukan hanya dalam hal unggul dalam membuat sebuah prodak namun juga sudah meluas kepada ranah Branding dari brand tersebut, branding amat sangat dibutuhkan untuk menjadi sebuah identitas suatu brand juga yang bisa menjadi pembeda dengan pesaing lainnya, sedikit memgutip pengertian Branding itu sendiri adalah:

Branding itu apa?

Menurut Landa (2006), pengertian branding bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasat mata dari sebuah merek mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut.

Lantas apa saja sih yang harus dilakukan sat akan melakukan Branding untuk perusahaan atau brand kalian? Yuk! Simak beberapa hal ini:

Sebagai sebuah Brand kalian harus tahu:

Whats Brand to Says

Maksud dari kalimat tersebut adalah, kita sebagai pemilik sebuah brand harus tahu apa yang ingin Brand sampaikan atau juga sebuah brand harus tau tujuan dari kalian membuat sebuah prodak dan memperkenalkannya kepada audiens kalian.

Whats Audience to Needs

Selain kita harus mampu menyampaikan apa maksud dari prodak kita, kita pun harus tahu apa yang sebenarnya audiens inginkan, mengerti keinginan dari audiens sangatlah penting ketika kita akan melakukan sebuah branding dan melakukan strategi bagaimana caranya kita membuat sebuah penyampaian prodak kita agar bisa diterima oleh audiens.

Kuncinya yang utama adalah Kita haruslah Memposiskan diri bukan sebagai pembuat bukan penerima. Dan Harus mendengarkan apa yang audiens inginkan atau butuhkan.

Kompetitor

Memilih kompetitor sangatlah perlu, mengapa? Karena dengan mempelajari apa yang dilakukan kompetitor ini bisa menjadi salah satu tolok ukur kita dalam pembuatan strategi, pemilihan kompetitor pun tidaklah boleh sembarangan, pemilihan kompetitor haruslah sama dengan bidang atau prodak dari brand kita. Kita harus selalu waspada dengan apa yang dilakukan oleh kompetitor dan memonitor “gerak-gerik” dari kompetitor kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *