Press Conference: SBM ITB Highlight Peran Institusi Pendidikan untuk Membantu Perkembangan UMKM di Indonesia

Pada 19 September 2019 tepatnya di gedung SBM ITB dilaksanakan sebuah Press Conference yang salah satu pembahasannya menekankan pada peran SBM ITB sebagai institusi pendidikan untuk membantu perkembangan UMKM di Indonesia.

Sebagai salah satu institusi pendidikan di bidang Bisnis dan Manajemen yang terkemuka pada level nasional dan internasional. Terbukti dari diterimanya akreditasi ABEST21 pada 2012 serta Equis dan AMBA, dan saat ini SBM ITB tengah berupaya untuk memperoleh akreditasi dari Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB) demi meraih Triple Crown untuk tiga akreditasi AACSB, Equis dan AMBA. Upaya memperoleh Triple Crown ditujukan agar memudahkan SBM ITB untuk bekerjasama dengan berbagai universitas di dunia.

Sebagai salah satu institusi pendidikan di bidang Bisnis dan Manajemen prestasi School of Business & Management (SBM ITB) tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini karena apabila dilihat berdasarkan kiprahnya prestasi dari Sekolah Bisnis dan Manajeman yang berdiri sejak 2013 ini sudah sangat gemilang. Prestasi tersebut di antaranya; 1) Akreditasi ABEST 21 dari Jepang, akreditasi Equis dan AMBA 2) Akreditasi nasional BAN PT untuk semua prodi terakreditasi A (unggul), 3) Top 500 sebagai World Class Business School versi Times Higher Education pada subyek Management & Economics, 4) Satunya-satunya sekolah bisnis Indonesia yang mendapatkan kategori sekolah bisnis terbaik tingkat dunia versi Global Brand Magazine, 5) Pengajarnya meraih penghargaan dosen berprestasi kategori Sains Teknologi pada Bidang Humaniora, Best Industry Marketing Champion di sektor pendidikan dari Markplus, Inc., selain itu para pengajarnya juga secara rutin dipercaya menjadi visiting lecture di berbagai universitas di luar negeri, dsb.

Prestasi-prestasi yang dicetak dalam level internasional ini tidak menjadikan SBM ITB sebagai institusi pendidikan untuk menancapkan pengaruhnya baik secara lokal di Kota Bandung dan nasional. Hal ini dibuktikan dengan pengadaan coaching clinic yang menyasar para UMKM agar bisa berkembang menjadi unit usaha yang lebih berkembang. Coaching clinic maupun pelatihan ini merupakan manifestasi dari program Corporate Social Responsibility (CSR), di mana institusi pendidikan tak hanya berkontribusi dalam tataran keilmuan/akademik semata, namun juga dapat berkontribusi secara nyata kepada masyarakat khususnya mereka yang memiliki unit usaha dan memiliki keinginan untuk berkembang.

Pelaksanaan coaching clinic ini sendiri bersifat free of charge (gratis) dan terbuka secara umum untuk diikuti UMKM maupun mereka yang berniat memulai usaha. Dalam coaching clinic ini akan diajarkan berbagai hal, dari mulai yang terdasar membentuk mindset wirausaha, digital marketing, pengaturan finansial, analisis big data, dsb. Pada intinya, dengan mengikuti coaching clinic yang diadakan oleh SBM ITB pengusaha-pengusaha akan diinkubasi dengan pendekatan-pendakatan yang komprehensif agar jalannya bisnis bisa bersesuaian dengan peningkatan sisi inovasi yang adaptif.

Para peserta coaching clinic ini akan dimentori secara langsung oleh para mahasiswa ITB, namun apabila di kemudian hari ditemukannya permasalahan yang lebih kompleks lagi maka para pengajar/dosen dari SBM ITB akan siap sedia untuk membantu konsultasi bisnis anda.

Dengan program CSR tersebut SBM ITB telah membuktikan, sebagai institusi pendidikan eksistensinya tidak hanya melulu memberikan sumbangsih pada bidang yang bersifat keilmuan/teoritis, melainkan mampu memberikan dampak nyata yang efeknya bisa diarasakan secara langsung kepada masyarakat khususnya di sektor UMKM yang memang saat ini sedang menjadi sektor yang kian menggeliat saja di tanah air.

Banyaknya prestasi dan peran di tengah masyarakat tersebut membuat SBM ITB semakin ingin meningkatkan kapasitasnya sebagai institusi pendidikan. Salah satunya dengan ambisi untuk memperoleh akreditasi Triple Crown yang meliputi Equis, AMBA dan AACSB-yang sedang diupayakan. Dengan didapatkannya Triple Crown ini maka SBM ITB semakin saja menjadi institusi pendidikan di bidang Bisnis dan Manajemen terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *