Palapa Ring Untuk Indonesia

Indonesia kini sedang menjajaki era revolusi industri 4.0. Berbagai persiapan mulai dilakukan dari semua sektor. Apalagi kini, Indonesia juga sedang mengusung program 100 kota Smart City. Salah satu program yang kini sedang ramai dibicarakan adalah pembangunan Tol Langit atau biasa disebut dengan Palapa Ring. Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik dan tersebar diseluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

Program tol langit yang digagas oleh Joko Widodo sudah masuk dalam tahap pembangunan, bahkan sudah selesai dibeberapa wilayah. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara memastikan jaringan telekomunikasi Palapa Ring sudah dapat beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. Kalimantan sebagai calon ibu kota baru yang menjadi salah satu daerah pembangunan program palapa ring sudah dilakukan uji coba. Pada akhir Agustus lalu, Kominfo melakukan uji coba panggilan video dari Nunukan, Kalimantan Utara ke Asmat, Papua. Pembangunan infrastruktur Palapa Ring Timur ini sudah diselesaikan oleh pemerintah pada pertengahan Agustus lalu, dan memastikan jaringan telekomunikasi Palapa Ring Timur dapat digunakan mulai pekan ketiga bulan September.

Sebagai informasi, sebelumnya pemerintah telah menyelesaikan pembangunan Palapa Ring Barat menjangkau Riau dan Kepulauan Riau juga Palapa Ring Tengah menjangkau Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara. Khusus untuk calon ibu kota baru, Kominfo menyatakan perlunya pembuatan Palapa Ring khusus untuk Provinsi Kalimantan Timur. Jika jaringan di Kalimantan sudah terkoneksi dengan baik melalui Palap Ring maupun jaringan yang dibangun oleh operator, maka akan ada international gateway yang langsung terhubung ke Kalimantan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *