Content is king! Pilar Penting Digital Marketing


Istilah “Content is King” sudah lama disuarakan oleh Bill Gates. Pendiri Microsoft itu telah menyadari akan peran penting konten untuk publikasi sejak 1996. Dan kini, di era digital ini, ponsel dan komputer dipenuhi dengan permainan konten. Brand telah berubah menjadi publisher yang memproduksi konten-konten berkualitas untuk menarik minat audiens.

Dalam digital marketing, konten merupakan aset penting yang harus diperhatikan bagi setiap brand. Baik untuk kebutuhan branding atau advertising, konten haruslah dibuat berdasarkan strategi. Strategi konten bisa dirancang sesuai dengan diagnosis awal dari kebutuhan, posisi dan  objektif brand.

Tahap awal atau diagnosis akan menentukan bagaimana strategi itu dibuat, sehingga tahap ini harus dilakukan secara berhati-hati. Setelah hasil diagnosis didapat maka itu menjadi bahan untuk merancang strategi konten. Akan dibuat seperti apa konten tersebut, mulai dari jenis, bahasa yang digunakan, hingga jadwal publikasi konten.

Setelah konten dibuat dan dipublikasikan, maka evaluasi menjadi hal terakhir yang harus diperhatikan. Konten harus dievaluasi, baik dari segi jangkauan, interaksi dan aksi yang ditimbulkan dari konten tersebut.

Dilansir dari scrunch.com ada beberapa alasan kenapa konten adalah raja.

  • Pilar Penting SEO

Dalam SEO konten tentunya menjadi pilar penting. SEO merupakan permainan kata kunci yang paling sesuai dan banyak dicari oleh audiens sesuai dengan topik yang dibahas. Meskipun membutuhkan waktu lama untuk membangun SEO dengan konten yang berkualitas, tapi hal ini membangun tingkat kepercayaan audiens terhadap brand. Audiens menilai konsistensi dan menjadikanya sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih brand tersebut.

Konten berkualitas tinggi yang orisinil memiliki dampak signifikan pada peringkat SEO dan mesin pencari karena beberapa alasan. Pertama, konten unik yang diterbitkan secara teratur dengan 300-500 kata, tautan internal ke konten lain yang relevan, dan kata kunci yang ditempatkan secara alami membantu peringkat situs web secara organik untuk istilah dan kata kunci pencarian yang relevan. Peringkat yang lebih tinggi pada akhirnya memaparkan merek tersebut kepada lebih banyak konsumen digital yang mencari konten dalam industrinya. Kedua, secara konsisten menerbitkan konten yang hebat menciptakan otoritas dan membuka peluang untuk membangun profil backlink yang bersinar.

  • Mendorong Interaksi

Konten yang baik, apakah itu dalam bentuk posting blog atau pembaruan media sosial, mendorong pengguna untuk terlibat dengan brand, apakah mereka menyadarinya atau tidak. Jika kontennya benar-benar bagus, pengguna akan berhenti sejenak untuk menikmati konten, memahami pesan brand dan bahkan mungkin berkomentar, menyukai atau berbagi potongan konten. Jika tidak, mereka akan terus mencari dan konten akan menghilang ke dalam lubang hitam yang ada di dunia maya. Untuk lebih mendorong keterlibatan dan membina hubungan dengan audiens melalui pemasaran konten, pastikan semua konten didorong melalui saluran media sosial dan mempermudah berbagi.

  • Menghasilkan Prospek dan Penjualan Baru

Konten yang baik menciptakan kesadaran dan otoritas brand di pasar yang jenuh, yang kemudian berpotensi menghasilkan prospek baru dan meningkatkan penjualan karena semakin banyak audiens yang terpapar merek. Konten yang baik umumnya kurang mengandung “penjualan” daripada advertorial, sehingga memberikan konsumen kesempatan untuk terlibat secara autentik dengan brand tanpa pesan penjualan terang-terangan mengganggu pertunangan. Menenggelamkan audiens dalam konten yang berorientasi produk dapat memiliki efek negatif pada hubungan mereka dengan brand, sedangkan editorial yang baik memupuk hubungan ketika mereka bergerak dari audiens ke pelanggan, hingga ke advokat brand.

  • Meningkatkan Nilai Bagi Produk atau Brand

Konten yang menambah nilai dalam beberapa cara umumnya diterima dengan baik oleh audiens karena itu memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari mereka atau mengajarkan mereka sesuatu yang baru. Nilai tidak berwujud dan tidak memiliki nilai moneter langsung, namun tidak ternilai untuk model bisnis dan hubungan antara brand dan konsumen. Konten yang menambah nilai kepada audiens dengan mendidik mereka tentang produk / layanan melalui cara posting blog, video instruksional dan webinar sangat ideal untuk menambah nilai.

  • Meningkatkan Traffic

Tidak hanya berkualitas baik, konten orisinalnya bagus untuk keperluan SEO, itu juga cara yang brilian untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web dan menjaga audiens di situs lebih lama. Misalnya, situs web dengan hanya beranda dan halaman kontak akan menerima rasio pentalan yang jauh lebih tinggi, tampilan halaman terbatas, dan sangat sedikit keterlibatan, sedangkan situs web dengan blog di tempat yang penuh dengan konten yang menarik meninggalkan kesan pada pengguna dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan situs tersebut dan kunjungi beberapa halaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *