Yuk! Cari Tahu Tentang Branding

business.tutsplus.com

Pemasaran dalam berbisnis kini bukan lagi dari mulut ke mulut namun sudah menyentuh ranah digital, sebelum membuat sebuah bisnis tentunya kita memerlukan sebuah branding agar bisnis kita lebih berkembang dan bisa mendapat atensi dari masyarakat.

Branding itu apa?

Menurut Landa (2006), pengertian branding bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasat mata dari sebuah merek mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut.

Branding bukan hanya sebatas pada prodak lho, ada beberapa komponen yang tentunya bisa kita branding dan beberapa diantaranya paling sering kita jumpai adalah:

  • Personal Branding

    Personal Branding merupakan sebuah metode atau cara untuk mendevelope reputasi sesorang, Personal Branding sendiri berbeda dengan Pencitraan karena pada prosesnya Personal Branding adalah melakukan atau mendevelope bakat, sifat atau kebiasaan dari seseorang agar orang itu menjadi pembeda dari yang lainnya dan biasanya bersifat postif.

  • Product Branding

    Product branding adalah dimana sebuah perusahaan memililki keunggulan dari masing-masing produk yang dimiliki. Product branding memudahkan perusahaan mengevaluasi kualias dan kauntitas dari sebuah prodak yang mereka mikili. Dengan Produk branding sebuah perusahaan bisa mengukur sukses atau tidaknya sebuah produk itu diterima oleh auidens. Apabila produk itu gagal, tidak akan memberikan efek negatif pada nama perusahaan. Product branding cenderung mahal memerlukan biaya yang cukup tinggi.

  • Coorporate Branding

    Coorporate Branding merupakan komponen penting bagi sebuah perusahaan, karena dapat mengembangkan reputasi dan menjadi pembeda, sehingga saat konsumen melihat mereka dapat mengetahui pembeda yang jelas antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

  • Unsur-unsur Yang Ada Pada Branding
    1. Nama Merk
    2. Logo, meliputi tipe logo, monogram, bendera, dan seterusnya.
    3. Tampilan visual, seperti desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain-lain.
    4. Humas atau Public Relation, Brand Ambassador, Tokoh Perusahaan
    5. Kata-kata, meliputi slogan, tagline, jingle.
    Manfaat Branding
    1. Mendapatkan Daya Tarik dari Audiens
    2. Menjadi ciri khas dan pembanding dari pesaing
    3. Membangun Kredibiltas
    4. Dapat menentukan target
    5. Menjadi Pengendali Pasar

    Untuk mendukung bisnis yang terus berkembang, Anda juga harus memastikan pembukuan perusahaan Anda berjalan dengan benar. Pentinh juga untuk kita mengetahui sentimen dari brand atau piun produk yang kita miliki, tentunya bukan hanya dengan mem-branding perushaan kita saja, kita juga memerlukan Listening Tools untuk mengetahui sejauh mana pembicaraan audiens tentang kita, semua itu bisa anda dapatkan pada tools yang kazee miliki. Untuk informasi lengkapnya bisa dibaca di Social Media Monitoring

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *