Memanfaatkan Insight Instagram untuk Meningkatkan Efektivitas Akun

Sebagai media sosial populer di Indonesia, Instagram telah digunakan menjadi platform untuk meningkatkan image seseseorang atau membangun citra perusahaan. Memiliki pengguna aktif per bulan secara global dengan jumlah 1 miliar, instagram memiliki 25 juta profil bisnis. Di Asia Pasifik sendiri, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah profil bisnis terbanyak.

Berbicara soal profil bisnis, Instagram memiliki dua tipe akun yang bisa dipilih oleh penggunannya. Pertama, akun pribadi yang bisa didapat hanya dengan mendaftarkan gmail atau nomor telepon, sedangkan akun bisnis mewajibkan penggunanya untuk menautkan ke akun fanpage Facebooknya. Saat akun pribadi berubah menjadi akun bisnis, pengguna dapat menampilkan nomor telepon, email hingga alamat di profil Instagram.

Berbeda dengan akun pribadi, profil bisnis memiliki kelebihan untuk melacak perkembangan akun melalui insight. Insight instagram memberikan banyak informasi terkait akun, seperti konten, aktifitas akun dan audiens dari akun pengguna.

  1. Konten

Insight yang disajikan mengenai konten dibagi menjadi  konten feeds dan instastory. Konten di feeds memberikan informasi tentang detail postingan yang dapat dipilih menjadi all post, photos, videos, carousel posts hingga shopping posts.

All post artinya seluruh konten yang pengguna pernah posting di Instagram, photos adalah seluruh postingan tentang foto pengguna, videos dimaksudkan untuk seluruh video yang pernah diposting, carousel posts artinya seluruh konten foto slide yang pernah dipost, sedangkan shopping posts adalah konten yang menampilkan label harga di postingan.

Setiap postingan yang pengguna pilih dapat dilihat total calls, comment, emails, engagement, follows, get directions, impressions, likes, profile visits, reach, saved, shares, texts serta website clicks. Tak sampai disitu, insight juga memberikan pilihan time frame untuk postingan yang akan diihat, mulai dari 7 hari, 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun hingga 2 tahun.

Dalam media sosial, key perfomance indicator biasanya dilihat dari 3 hal, yaitu reach, engagement dan clicks. Dengan mengetahui jumlah ketiga hal tersebut di setiap postingan, pengguna dapat mengetahui kualitas konten yang dibuat dan dapat menentukan konten apa yang paling efektif dengan akun bisnisnya.

Konten di instastory dapat dilihat setiap interactions, profile visits, reach, impressions, follows, navigation, back, forward, next story dan exited. Sama dengan konten di feeds, melalui insight, pengguna dapat melihat dan membuat pengulangan konten terbaik untuk instastory berikutnya.

  • Aktifitas

Aktifitas akun sangat penting untuk melihat dan memantau perkembangan akun bisnis. Disini pengguna dapat melihat interactions dengan audience yang ditampilkan detail setiap harinya. Interaction akun mencakup data profil visit website clicks, emails dan calls yang biasanya update setiap seminggu sekali.  

Dalam insight aktifitas akun, pengguna juga dapat melihat total data reach dan detail reach setiap harinya. Selain itu, ada data impressions yang ditampilkan selama seminggu. Melalui data-data tersebut, penguna dapat mengevaluasi konten instastory dan menyortir konten mana yang menjangkau banyak followers dan menghasilkan interaksi paling baik dengan followers, sehingga kedepannya pengguna dapat membuat konten-konten serupa.

  • Audiens

Tampilan insight untuk audience menampilkan data total followers, serta kenaikan followers selama satu minggu, top locations kota dan negara followers, age range followers serta gender. Tak hanya itu, data aktifitas followers yang berinteraksi pun ditampilkan per hari hingga setiap 3 jam.

Mengetahui top locations sangat penting bagi pengguna akun bisnis, bagi brand hal tersebut sangat menentukan apakah target market mereka telah sesuai dengan lokasi followers mereka berada. Selain top locations, age range dan gender pun turut berpengaruh untuk memastikan target pengguna telah tepat.

Sementara data aktifitas followers dimanfaatkan untuk mencari waktu yang tepat bagi pengguna dalam berinteraksi dengan followers atau audience. Di hari atau jam saat aktifitas audience tinggi dapat digunakan sebagai waktu posting konten untuk pengguna.

Bagi pengguna akun bisnis di instagram, memahami insight sangat penting untuk menentukan strategi konten dan waktu posting  yang tepat sehingga perkembangan akun menjadi maksimal serta sesuai dengan tujuan dibuatnya akun instagram tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *