Urgensi Teknologi Big Data Bagi Sektor Pemerintah

Peluang dalam memanfaatkan teknologi big data bagi para perumus kebijakan dalam menetapkan suatu keputusan, khususnya di pemerintahan rasanya menjadi urgensi yang perlu segera direalisasikan.

Karena saat ini dalam berbagai suatu instansi pemerintah nyatanya masih ditemukan sulitnya mengelola dan mendapatkan berbagai data informasi internal dan eksternal, khususnya dalam media massa, media online dan media sosial. Oleh karena itu, saat ini pemerintah dituntut untuk siap dan cerdas dalam menghadapi pesatnya kemajuan teknologi.

Demi mendukung pemerintah dalam mengambil keputusan secara cepat, akurat dan tepat, maka teknologi big data menghadirkan solusi-solusi inovasi data yang kuat sebagai alat perumusan kebijakan berbasis kevalidasian data, yang tentu menyajikan tersedianya informasi yang benar kepada perumus kebijakan untuk merancang, memantau dan mengevaluasi kebijakan.

Saat ini, teknologi big data umumnya banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam berbagai bidang. Sementara sektor pemerintah masih kurang maksimal. Melihat realita saat ini, untuk menerapkan teknologi big data dalam sektor pemerintah nyatanya masih menemukan keterhambatan dalam anggaran, riset teknologi, serta SDM yang masih kurang memahami teknologi big data. Padahal, dengan memanfaatkan data yang berlimpah menjadikan hal ini sebagai potensi dari pemerintah dalam meningkatkan pelayanan dan penetapan kebijakan dengan mengeksplorasi sumber data untuk aktivitas analytics berbasis teknologi komputasi, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat.

Dalam sektor pemerintah, secara umum teknologi big data telah dikenal dan di implementasikan dalam sektor kehumasan, yang biasa dikenal dengan kegiatan media monitoring. Media Monitoring merupakan mekanisme yang kini banyak ditawarkan sebagai bagian dari produk jasa, di mana cara kerjanya berfokus pada pemantauan pemberitaan mengenai berbagai isu dari mulai dari kondisi wilayah disuatu tempat, isu sosial, politik, ekonomi, pendidikan, lingkungan, dsb. Melalui sebuah platform Media Analytics dan Media Monitoring maka fakta dan opini dapat disajikan melalui analisis yang mendalam dengan menampilkan

Media Monitoring ini tentunya tidak berdiri sendiri melainkan bertindak sebagai induk yang melahirkan komponen-komponen lain yang tidak bisa dikesampingkan kegunaannya untuk kebutuhan berbagai aspek, penyangga dari berjalannya kegiatan monitoring. Maka dari itu, Kazee yang merupakan perusahaan penyedia “one stop data analytics solution,” tentu akan memudahkan Pemernitah untuk mengelola data internal dan eksternal serta pengolahan data-data tersebut menjadi insight yang mampu digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan dan perencanaan strategis.

Dengan melihat hasil analisis data di Kazee, Pemerintah akan mengetahui segala hal yang terjadi di kotanya dengan begitu pemerintah dapat dengan mudah mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menangani suatu kejadian dan pembuatan kebijakan yang lebih tepat dan solutif. Cari tahu Kazee Media Analytics lebih lanjut dengan follow @kazeeid dan kunjung websitenya di: www.kazee.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *