Mengenal Public Relations Value

Public relation bukanlah istilah yang baru. Istilah public relation menurut Marsefio S. Luhukay dalam Jurnal Scriptura (2008:19) mengatakan bahwa Public Relations hadir sebagai suatu kebutuhan, kebutuhan untuk menjembatani organisasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders). Jembatan yang dibangun oleh PR adalah jembatan kokoh yang terdiri dari kepercayaan, kejujuran, dan kredibilitas.

                PR membangun citra dan reputasi sebuah perusahaan ataupun organisasi melalui opini public yang memberikan keuntungan. PR juga bertanggung jawab dalam membuat press release yang mempublikasikan program yang sedang dilakukan oleh perusahaan ataupun organisasi. Selain itu, press release juga sebagai jawaban dari sebuah permasalahan yang sedang terjadi oleh perusahaan tersebut.

                Ada hal lain yang juga menjadi bagian dari tugas seorang Public Relation, yaitu Public Relation Value. Semua pemberitaan yang tayang di media pasti memiliki PR dan News Value (nilai berita). Mengingat peran PR juga memantau berita terkait perusahaan atau organisasinya. Jadi, PR Value merupakan salah satu cara mengukur tingkat kesuksesan sebuah brand dan kampanye komunikasi. Lantas, bagaimanakah cara menghitung PR Value?

                Perhitungan PR Value dibagi menjadi 2, yaitu pada media cetak dan media online. Pada media cetak perhitungan dasar PR Value seperti berikut:

  1. Rumus valuasi media cetak (headline) : Ukuran artikel x Rate Iklan x (8 tanpa foto/ x 10 dengan foto)
  2. Rumus valuasi media cetak (halaman dalam) : Ukuran x Rate Iklan x (3 tanpa foto/ x 5 dengan foto)

Misalnya, berita sebuah perusahaan dimuat di halaman dalam sebuah media, isinya memuat teks dan foto. Jika ukuran artikel 500mmk, dan rate iklan di media tersebut Rp46.000. Maka PR Value adalah = (500mmk x 46.000 x 5) = 115.000.000.

Perhitungan PR Value pada media daring, sebagai berikut:

  1. PR Value = AD Value x 3
  2. AD Value = (Order Rank x Page Rank) + Source Rank

Dengan adanya pemberitaan mengenai perusahaan anda dimuat dalam sebuah media, dapat dikatakan sebuah achievement, dimana sebenarnya perusahaan beriklan di media cetak maupun daring tanpa membayar space.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *