Penggunaan Teknologi Big Data dalam Monitoring Media

Perkembangan bisnis di Indoensia saat ini sedang berada dipermulaan revolusi big data. Teknologi big data dapat membawa berbagai perubahan dari berbagai sektor bisnis, baik dalam ranah digital maupun dalam ranah konvensional. Big data memiliki sifat high-volume, high-variety, dan high-velocity. Dari teknologi big data yang di dapat secara real time, banyak sekali informasi yang bisa di dapatkan dari teknologi ini. Salah satunya pemanfaatan teknologi big data dalam aktifitas pemantauan Media. Dalam aktifitas pemantauan media menggunakan big data dilakukan dengan mengumpulkan semua berita dari berbagai media secara real time. Sehingga kejadian yang terjadi di media massa dapat dengan cepat dipantau melalui sistem berbasis big data.

                Dalam konsep pemantauan media, teknologi big data digunakan untuk merangkul dan menghimpun berita-berita yang beredar di berbagai platform. Media monitoring atau pemantauan media secara umum terbagi menjadi dua bagian. Pertama, media massa dan kedua media sosial. Pemberitaan dalam media massa meliputi fakta, isu penting seputar ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, pemberitaan kota, kesehatan, dan sebagainya. Selain itu, dalam media sosial juga dapat mengetahui keadaan yang terjadi secara aktual.

                Sedangkan melalui media sosial, media monitoring dapat melihat opini-opini yang beredar di masyarakat terkait berbagai isu. Biasanya dalam media sosial, masyarakat atau yag biasa disebut netizen membuat diskusi publik dengan saling mengutarakan pendapatnya masing-masing. Melalui teknologi big data, aktivitas media monitoring tidak hanya dapat memantau media sosial, namun juga dapat melihat siapa saja buzzer dalam sebuah isu. Selain itu, sistem yang memanfaatkan teknologi big data juga dapat memetakan trending tagar dan trending keyword yang beredar di media sosial. Data tersebut disajikan dalam bentuk menarik, hingga mudah dimengerti oleh analyst.

                Dalam aktivitas media monitoring, teknologi big data sangat berperan penting dalam meningkatkan akurasi data yang dihimpun. Sehingga para analyst, dapat melakukan proses pemantauan media dengan tingkat akurasi yang tepat. Juga mendapatkan isu secara real time terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *