Yuk! Branding Diri Kamu dengan Linked In

LinkedIn adalah sebuah platform media sosial yang biasanya dipakai oleh kalangan pekerja professional, Linked In biasanya digunakan untuk ‘menjual diri‘ secara online, lewat LinkedIn kita semua bisa mempromosikan kelebihan kita sebagai pekerja professional. Seperti yang dilansir oleh Kompas Tekno pada Oktober 2015 silam, LinkedIn melaporkan bahwa jumlah penggunanya telah mencapai 400 juta orang. Lalu dalam rentang waktu 9 bulan berikutnya jumlah pengguna itu bertambah lagi menjadi 450 Juta orang.

Menurut mashabel pada tahun 2017 Penambahan jumlah pengguna altif LinkedIn tersebut mengindikasikan bahwa LinkedIn menunjukan pertumbuhan yang konsisten. Jumlah 500 juta juga menandai betapa media sosial ini masih masuk dalam kategori raksasa. Tak heran ini juga yang mejadi alasan para perekrut  untuk menyaring dan mencari informasi calon pekerjanya, karena mereka menganggap jika kesan profile LinkedIn sama penting dengan kesan di dunia nyata.

Oleh karena itu, mari kita bahas-bahas trik-trik membangun Personal Branding di LinkedIn

  • Pasang foto profile terbaikmu

Seperti yang sudah dibahas LinkedIn adalah sarana untuk “menjual diri” maka dari itu kita harus gunakan foto terbaik kita. Gunakanlah foto formal atau semi-formal pada foto profil. Tampilkan kesan ‘serius’ dan yang mempresentasikan pekerajaan kita, jika bisa hindari “pas foto” atau foto jarak jauh sebagai foto profile LinkedInmu.

  • Lengkapi profilemu secara informatif

Anggap LikedIn sebagai CV Onlinemu, tentunya kalian harus mengisi dan meng-upadate profile kalian dengan riwayat pendidikan, pengalaman kerja/organisasi, keahlian, pekerjaan saat ini. Terdapat fitur ‘Profile Strength Meter’ di LinkedIn yang berfungsi sebagai parameter kelengkapan informasi profilmu, terdiri dari Beginner – Intermediate – Advanced – Expert – All Star. Untuk meraih All Star, kalian harus melengkapi foto profil, mengisi 2 atau lebih posisi yang sedang dijalani lengkap dengan peran kalian di organisasi/perusahaan, memiliki 5 atau lebih keahlian (skill), menulis summary tentang diri kalian, mengisi jenis industri dan kode pos, mengisi riwayat pendidikan, dan memiliki 50 atau lebih koneksi. Dengan meraih All Star, profil kalian akan lebih mudah ditemukan oleh perekrut (sumber: tooltip di profil LinkedIn)

  • Buatlah summary yang menarik agar lebih menjual

Bagian ini merupkan bagian terpenting di LinkedIn, sayangnya masih banyak yang belum menggunakan dan memaksimalkannya dengan baik. Isi summary ini dengan informasi seputar diri kalian, pengalaman, keahlian, minat, penghargaan, minat, latar belakang dan apapun informai yang terkait diri kita agar bisa “menjual”.

  • Update selalu experience-mu

Experience LinkedIn sangat bisa membantu beranding kamu di LinkedIn, karena semua orang yang terkoneksi dengan kalian atau para perekrut  akan tau jejak karir kalian seperti apa, mauskkanlah pengalaman-pengalaman yang terbaik, bersifat progressiveI dan jangan lupa untuk mecantumkan reward  atau achievement yang didapat selama kalian bekerja.

  • Mintalah rekomendasi dari rekanan

Setelah kalian membuat summary dan menambahkan keahlian yang berhubungan dengan bidang pekerjaan kalian,  mintalah rekomendasi dari rekan-rekan atau orang yang mengetahui keahlian kalian yang dicantumkan di profil LinkedIn kalian. Megapa fitur ini penting? Karena seringkali perekrut lebih percaya rekomendasi dari orang lain.

  • Aktif membuat postingan dan membagikan konten

Selayaknya dengan platform media sosial lainnya, semakin kalian aktif membuat postingan dan membagikan konten maka akan semakin sering profile kita muncul di linimasa atau beranda LinkedIn koneksi kita. Jika ada beberapa orang yang cukup dikenal, berpengaruh dan memiliki koneksi yang luas usahakan berkomentar dan membagikan kembali postingan tersebut. Ini tidak menutup kemungkinan akan ada banyak koneksi lainnya yang melihat profile kita.

  •  Jangan private akun LinkedIn kalian

Jika kalian mengatur akun LinkedIn menjadi private, ini akan mempersulit para rekruter atau orang lain untuk tahu siapa kalian, justru inilah salah satu manfaat dari pengguna LinkedIn itu sendiri sebagai sebuah platform “penjual diri” kalian.

Maka dari itu penggunaan LinkedIn sangatlah penting untuk branding diri kamu sebagai seorang pekerja profesional. Memiliki akun LinkedIn yang selalu di-update akan sangat bermanfaat untuk memperkenalkan identitas diri kita dalam dunia profesional. Yuk segera update tampilan LinkedIn kalian dan jadilah profesional dengan LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *