Mengenal 4 Tipe Konten di Media Sosial

Setiap hari kita melihat banyak konten yang tersedia di media sosial, baik itu berupa foto atau video. Konten-konten tersebut menjadi pilar penting yang dapat menambah jumlah followers hingga engagement untuk menunjukan eksistensi sebuah akun. Engagement adalah nilai dari jumlah like, comment, save dan share sebuah postingan.

Akun personal ataupun sebuah brand, membangun citra mereka di media sosial melalui konten yang menarik. Dalam proses pembuatan konten perlu pengetahuan mengenai tipe konten yang nantinya akan dibuat, agar sesuai dengan identitas yang dimiliki.

Mengetahui tipe konten juga dapat membantu untuk membangun strategi dalam upaya meningkatkan followers dan engagement yang merupakan ukuran keberhasilan sebuah akun di media sosial. Dilansir dari blog.snappa.com berikut 4 tipe konten di media sosial yang diklasifikasikan berdasarkan interaksi, visual, stimulus dan keterikatan.

1.Konten interaktif

Konten interaktif adalah konten yang dapat menimbulkan komunikasi antara content creator dengan audience. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan nilai insight serta mengeksplor konten untuk postingan berikutnya. Konten poling atau kuis merupakan contoh konten interaktif yang bisa meningkatkan engagement di media sosial.

2.Konten Visual

Konten visual adalah konten yang sempurna untuk menarik perhatian audience. Tampilan konten visual akan membuat citra lebih kuat dan membawa massa untuk melihat akun media sosial. Terdapat 3 contoh konten visual yaitu video, foto profesional dan infografis.

3. Konten Stimulus

Konten stimulus adalah konten yang dapat mendorong audience untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Konten ini akan memikat banyak followers dan meningkatkan jumlah view di akun sosial media. Give away atau contest adalah contoh konten stimulus yang dapat meningkatkan engagement di media sosial.

4. Konten Keterikatan

Konten Keterikatan adalah konten yang dapat memberikan nilai lebih bagi para audience baik dengan tujuan menghibur, memberikan edukasi atau informasi. Konten seperti ini dimaksudkan untuk membangun ikatan dengan audience dan berhubungan dengan kehidupan mereka. Memes dan quotes adalah contoh konten yang berhubungan dengan kehidupan setiap orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *