Media Monitoring Untuk Kebutuhan Branding

Media monitoring merupakan istilah yang lazim digunakan oleh penggiat komunikasi. Secara sederhana media monitoring merupakan pengawasan media massa, baik cetak maupun online, televisi, dan radio. Pada dasarnya media monitoring banyak diperlukan bagi perusahaan terutama pada divisi kehumasan. Selain itu, media monitoring juga digunakan lembaga pemerintahan, organisasi, universitas, dll.

Umumnya media monitoring digunakan untuk memanfaatkan pemantauan media sebagai alat mengidentifikasi penyebutan perusahaan/organisasi mereka, merek dan jajaran dan direksinya di media sosial (portal media daring, twitter, instagram, facebook, dan youtube). Beberapa perusahaan juga menggunakan alat pemantau media untuk mengidentifikasi penyebaran dan keberhasilan berita yang mereka rilis. Media monitoring juga dapat digunakan untuk memantau perkembangan isu yang sedang hangat dibicarakan, mencari informasi mengenai kompetitor (pesaing), mengatahui isu-isu spesifik yang dibicarakan media massa tentang suatu brand atau organisasi, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan sebuah brand/organisasi, untuk mengidentifikasi peluang bisnis terbaru, dan banyak tujuan lainnya.

Dengan menggunakan Kazee Media Monitoring yang menyediakan fitur media monitoring yang dapat memberikan hasil media monitoring hanya menggunakan satu sistem dan kata kunci (query) yang ditentukan oleh client. Kami dapat memberikan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk menganalisis brand ataupun perusahaan. Pemantauan media yang kami lakukan adalah proses membaca, menonton, atau mendengarkan konten editorial sumber media, dan kemudian, mengidentifikasi, menyimpan, dan menganalisis konten yang berisi kata kunci atau topik tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *