Manfaatkan Social Media Monitoring untuk Strategi Digital

sumber grafis: sprout social

Kini Media Sosial, bukan hanya sebagai tempat berbagi informasi dan update kegiatan sehari-hari tapi sudah menjadi sebuah tempat pemasaran bagi sebuah brand. Penggunaan media sosial dalam pemasaran sudah menjadi suatu keharusan di era digital, karena dengan ini akan membantu meningkatkan brand awareness hingga penjualan. Penggunaan media sosial untuk pemasaran membuat perbincangan audiens di media sosial tentang brand dan perusahaan.

Media Sosial bukan hanya sebatas dengan posting konten-konten digital pada akun perusahaan secara rutin, tapi kita juga harus melakukan analisa apa saja diperbincangkan oleh audiens tentang brand dan perusahaan. Untuk itu, brand memerlukan social media monitoring. Menurut artikel yang dikutip dari blog kazee yang di upload pada tanggal 24 Juni 2019 http://bit.ly/2xccfAu , menjelaskan Media monitoring merupakan istilah yang lazim digunakan oleh penggiat komunikasi. Secara sederhana media monitoring merupakan pengawasan media massa, baik cetak maupun online, televisi, dan radio. Pada dasarnya media monitoring banyak diperlukan bagi perusahaan terutama pada divisi kehumasan. Selain itu, media monitoring juga digunakan lembaga pemerintahan, organisasi, universitas, dll.

Umumnya media monitoring digunakan untuk memanfaatkan pemantauan media sebagai alat mengidentifikasi penyebutan perusahaan/organisasi mereka, merek dan jajaran dan direksinya di media sosial (portal media daring, twitter, instagram, facebook, dan youtube). Beberapa perusahaan juga menggunakan alat pemantau media untuk mengidentifikasi penyebaran dan keberhasilan berita yang mereka rilis. Media monitoring juga dapat digunakan untuk memantau perkembangan isu yang sedang hangat dibicarakan, mencari informasi mengenai kompetitor (pesaing), mengatahui isu-isu spesifik yang dibicarakan media massa tentang suatu brand atau organisasi, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan sebuah brand/organisasi, untuk mengidentifikasi peluang bisnis terbaru, dan banyak tujuan lainnya.

Penggunaan Social Media Monitoring mempunyai banyak manfaat bagi brand anda, diantaranya:

Brand Sentimen

Dengan menggunakan Social Media Monitoring kita dapat mengetahui sentiment audience untuk brand kita, dimana kita bisa mengetahui lebih banyak sentiment negative atau positif yang lebih banyak diperbincangkan untuk brand kita di dunia maya, dengan begitu brahnd kita akan termonitor baik dengan Social Media Monitoring yang dimiliki Oleh Kazee Digital Indonesia.

Kompetitor

Penggunaan Social Media Monitoring yang dimiliki Oleh Kazee Digital Indonesia selain kita bisa melihat Brand Sentimen, kita juga dapat mengetahui dan menganalisa pesaing yang bergerak di bidang yang sama dengan brand kita. Yang bisa kita lihat dari competitor adalah seberapa banyak brand diperbincangkan, sentimen, dan siapa saja yang memperbincangkan kompetitor di dunia maya.

Lokasi

Dengan menggunakan Social Media Monitoring kita pun dapat mengetahui Lokasi mana saja yang paling sering memperbincangkan brand kita di dunia maya. Dengan adanya fitur ini kita dapat dengan menyasar target market yang sesuai dengan lokasi mana saja palinhg banyak atau sering memperbincangkan brand kita.

Top Person

Top Person adalah sebuah fitur yang di bisa didapatkan oleh Social Media Monitoring Kazee, manfaat pengunaan fitur ini adalah untuk mengetahui siapa yang membicarakan brand kita dan mempunyai pengaruh besar bagi pengikutnya, baik di media sosial atau pun media digital lainnya.

Media

Selain bisa memonitoring top person kita juga bisa memonitoring media mana saja yang berbicara tentang brand kita, selain itu kita bisa mengetahui apakah yang dibicarakan terkait brand kita itu cenderung positif atau negative.

Share Of Voice

Social Media Monitoring mampu untuk melihat seberapa besar brand kita diperbincangkan. Dalam hal ini, share of voice sangat penting bagi kepentingan brand. Kita dapat menganalisa di platform mana saja brand kita paling banyak diperbincangkan. Dengan menggunakan share of voice kita bisa membuat strategi yang tepat bagi branding atau kampanye brand kita di dunia maya.

Kesimpulannya dengan menggunakan Kazee Media Monitoring ini dapat mempermudah kita dalam membuat sebuah strategi dan juga keputusan bagi brand kita sesuai dengan insight yang di dapat dari Social Media Monitoring. Kami dapat memberikan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk menganalisis brand ataupun perusahaan. Pemantauan media yang kami lakukan adalah proses membaca, menonton, atau mendengarkan konten editorial sumber media, dan kemudian, mengidentifikasi, menyimpan, dan menganalisis konten yang berisi kata kunci atau topik tertentu. sangat berguna bagi para pelaku bisnis, tokoh politik , organisasi untuk memonitor aktivitas pengguna di seluruh dunia terhadap sentimen, opini dan respon. Dengan begitu, hasil dari analisa tersebut bisa dijadikan patokan untuk menentukan langkah kedepan secara tepat guna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *