9 Cara Optimalkan Instagram untuk Bisnis Anda

Ilustrasi Gambar Insight Instagram (Sumber:
https://www.teknoiot.com/)

Instagram, saat ini menjadi platform media sosial yang paling banyak diakses dengan jumlah pengguna mencapai miliaran. Dengan hadirnya berbagai fitur, tampilan Instagram menjadi lebih menarik, sehingga para pengguna dapat membagikan momen-momen menjadi lebih ekspresif, interaktif, dan menyenangkan. Selain itu, para pelaku bisnis bisa untuk memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media untuk berpromosi dan membangun brand awareness. Namun, sebagian pelaku bisnis menemukan kendala mengenai konten apa saja yang harus dipublikasikan melalui Instagram. 9 cara ini bisa membantu Anda mengoptimalkan Instagram untuk bisnis yang Anda kelola.

  1. Maksimalkan Konten Bertema Setiap Harinya

Cara paling mudah untuk meningkatkan engagement (interaksi) media sosial bisnis Anda adalah dengan memaksimalkan konten bertema setiap harinya. Karena dengan cara seperti itu akan menarik para audience untuk memberikan interaksi pada setiap konten yang dipublikasikan. Anda bisa memaksimalkan dengan membuat konten fun fact, education, quiz, profilling, greetings, dan lain-lain.

  • Gunakan Ads!

Ads atau iklan bisa Anda gunakan untuk meningkatkan engagement (interaksi), jangkauan, dan juga impresi. Semakin banyak audience yang memberikan respon atau interaksi, maka semakin banyak pula audience yang membagikannya. Hal tersebut akan berdampak pada keputusan pembelian audience yang melihatnya. Namun sebelumnya, Anda diharuskan beralih profil menjadi profil Bisnis.

  • Konten Visual yang Menjual

Media sosial Instagram itu seperti etalase yang dapat dilihat oleh siapa saja produk atau jasa yang dijual. Dengan tampilan (feeds) Instagram yang rapih, dan cantik, akan memberikan hasrat  kepada audience untuk melihatnya dan akan berpengaruh pada keputusan pembelian. Tentunya konten visual (foto, gambar, video) yang dipublikasikan harus memiliki nilai jual yang baik.

  • Manfaatkan Instagram Story

Instagram story saat ini menjadi salah satu alat untuk membagikan momen-momen yang menyenangkan para penggunanya. Anda bisa mempublikasikan dalam bentuk foto, gambar, dan video yang bisa membangkitkan audience untuk tahu lebih dalam mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tak hanya itu, Instagram Story  saat ini mempunyai berbagai fitur yang menarik. Gunakan fitur-fitur tersebut untuk meningkatkan impresi dan jangkauan konten Anda. Melalui Instagram Story juga bisa dimanfaatkan untuk membuat vlog mini yang bisa menampilkan orang-orang atau team yang berkontribusi dibalik perusahaan Anda. Konten seperti itu pastinya akan ditunggu oleh audience. Konten Video, foto, atau gambar yang pernah dipublikasikan melalui Instagram Story bisa disimpan dengan menu archive, dan dapat ditampilkan kembali dalam highlight yang terdapat pada halaman profil.

  • Manfaatkan Live Video

Live video pada fitur Instagram memiliki dampak yang sangat baik dan bernilai tambah untuk kelangsungan bisnis Anda. Anda bisa melakukan Live dengan menayangkan konten Q&A bersama para ahli dalam bidangnya. Selain itu para audience juga bisa untuk melayangkan pertanyaan dan langsung dijawab saat Live berlangsung.  

  • Arahkan ke Website atau Blog

Website atau blog merupakan identitas dari suatu perusahaan atau merek dagang Anda. Semakin banyak audience yang mengunjungi website atau blog Anda, akan semakin meningkat pula traffic Website atau blog Anda. Anda dapat mencantumkan situs website atau blog Anda di halaman bio profil Instagram Anda. Selain itu, jika Anda mempunyai jumlah pengikut minimal 10.000, Anda mempunyai kesempatan untuk menayangkan konten pada Instagram Story dengan fitur swipe up yang akan menghubungkan pada halaman Website atau Blog.  

  • Memiliki Nama Panggilan Khusus untuk Audience

Suatu kampanye produk atau perusahaan dapat berhasil karena memiliki kedekatakan dengan konsumen atau audience di media sosial. Panggilan khusus untuk konsumen akan memberikan dampak yang sangat baik untuk keberhasilan kampanye produk atau perusahaan.

  • Menggunakan Fitur Polling Instagram Story

Ajak interaksi audience Anda dengan menggunakan fitur Polling pada Instagram Story. Penggunaan fitur Polling akan memancing reaksi dari audience Anda dan dapat mengukur sejauh mana audience Anda dekat dengan produk atau perusahaan Anda.

  • Kerja sama dengan Influencer Marketing

Kampanye media sosial untuk suatu produk atau jasa dapat dimaksimalkan dengan cara bekerja sama dengan Influencer Marketing. Dengan cara seperti itu, Influencer Marketing dapat mempengaruhi audience  Anda untuk merasakan pengalaman menggunakan produk atau jasa Anda dan akan berdampak pada keputusan pembelian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *