Media Monitoring Sebagai Solusi Pendekatan dalam Aspek Kesehatan

Salah satu fungsi utama dari media monitoring yaitu pemantauan isu-isu memang cukup efektif menjadi sebuah pendekatan dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan kompleks di dunia, salah satunya permasalahan yang berkaitan dengan isu kesehatan.

Bidang kesehatan merupakan basis dari ketahanan suatu negara yang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena aspeknya yang begitu strategis maka aspek kesehatan dalam aspek penelitian dan pengembangannya harus saling terintegrasi. Integrasi yang berlangsung sudah semestinya tidak hanya pada level nasional suatu negara saja, melainkan juga integrasi antara negara-negara di dunia atau secara global.

Dalam perspektif hubungan Internasional sendiri, aspek kesehatan merupakan salah satu aspek yang disepakati keberlanjutannya oleh negara-negara di dunia dalam SDGs (The Suistainable Develepment Goals) atau tujuan global yang terdiri dari 17 poin aspek keberlanjutan, aspek kesehatan sendiri menempati posisi ke 3 yang berbunyi “Good Health and Well Being” yang berarti aspek kesehatan merupakan hal fundamental yang menjadi tanggung jawab dari negara-negara di dunia.

Aspek Kesehatan dan Media Monitoring yang Saling Mendukung

Pada aspek kesehatan peran media monitoring sangatlah tepat untuk digunakan dalam pemantauan isu-isu kesehatan terkini, baik secara nasional dan untuk kepentingan global/internasional. Dengan mekanisme yang terdapat pada teknologi media monitoring maka informasi yang berkaitan dengan dunia kesehatan akan dengan mudah diketahui dan dipetakan, baik itu secara jenis penyakit, wilayah, hasil riset, organisasi dan publik berpengaruh yang terkait dengannya, dll.

Dengan pantauan berkala pada isu-isu kesehatan maka pencegahan terhadap outbreak (wabah) bisa dicegah dengan langkah preventif lebih dini, hal ini karena deteksi dini terhadap masalah kesehatan sudah diketahui lebih awal pergerakannya, termasuk negara atau daerah mana yang sedang mengalami krisis sehingga negara lain mampu menyiapkan langkah preventif untuk mengangkal wabah tersebut memasuki negaranya. Begitu pula negara-negara dan organisasi internasional akan dengan mudah untuk memberikan bala bantuan secara lebih cepat untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan secara bersama-sama.

Penyakit-penyakit seperti Ebola, Flu Burung, Flu Babi dan penyakit menular lainnya yang berbahaya dan dikhawatirkan penularan secara lintas batas negara bisa mendapat alert lebih dini agar kesehatan di suatu negara tetap terlindungi dengan baik, pemeriksaan terhadap Warga Negara Asing (WNA) yang dikhawatirkan membawa virus yang bisa melemahkan ketahanan negara pun bisa diupayakan lebih ketat agar tidak memicu permasalahan kesehatan yang bersifat global. Tidak hanya itu daerah-daerah dengan tingkat imunisasi, sanitasi yang buruk hingga penemuan-penemuan dan riset yang dijalankan terkait dunia kesehatan bisa diantau secara real time dengan Media Monitoring.

Pemantauan terhadap isu-isu kesehatan membuat terjadinya integrasi dari negara-negara di dunia secara tidak langsung, hal ini karena apa yang terjadi bisa diketahui dengan mudah dan solusi yang dibutuhkan pun akan dengan cepat diputuskan agar tidak menjadi permasalahan global.

Teknologi pengolahan Big Data yang dibantu dengan analisis mendalam yang ada pada mekanisme media monitoring seharusnya bisa menjadi solusi terkini bagi negara-negara di dunia baik untuk ketahanan nasional dan juga ketahanan global sehingga poin-poin yang ada pada MDGs mampu diwujudkan dengan memanfaatkan berbagai pendekatan salah satunya dengan teknologi canggih berbasis Artificial Intteligence seperti media monitoring.

Memanfaatkan teknologi seperti media monitoring dalam aspek kesehatan akan menjadikan unsur teknis dan unsur sosial berjalan beriringan dan saling mendukung untuk menjadi solusi dunia yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *