Fungsi Media Monitoring untuk Melakukan Deteksi Dini dari Berbagai Isu

Media monitoring memegang fungsi strategis apabila dikaitkan dengan pemantauan terhadap berbagai isu. Dewasa ini isu berkembang begitu cepat dan memerlukan respon yang tanggap agar segera mendapatkan solusi penyelesaian.

Isu-isu yang berkembang di tengah-tengah masyarakat terbentang dari isu sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum dan lainnya. Dengan mekanisme media monitoring sistem sudah dirancang untuk bisa menjaring isu-isu yang relevan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Setelah memasukkan kata kunci yang diinginkan pergerakan sebuah isu bisa dipantau sesuai dengan periode waktu yang diinginkan, dari mulai pemantauan real time hingga pemantauan isu tahunan bisa dilakukan.

Dengan memantau isu secara real time maka kita bisa mengikuti alur sebuah isu dengan mudah, hubungan kausalitas pun bisa diketahui. Setiap pergerakan yang ada bisa dijadikan sebagai pedoman untuk menghindari sebuah isu mencapai krisis. Hal ini karena apabila adanya pemberitaan di media massa daring dan pergerakan diskusi di media sosial bisa dipantau secara langsung melalalui dashboard kapan saja dan di mana saja asalkan kita terhubung dengan koneksi internet. Sehingga ketika sebuah isu butuh penanganan, aksi selanjutnya bisa dilanjutkan dengan lebih cepat, hal ini akan meminimalisir suatu isu berkembang semakin parah.

Karena fakta tersebut maka fungsi media monitoring sudah wajib dilakukan oleh pemerintah beserta dinas-dinasnya. Hal ini akan mewujudkan sebuah kolaborasi tidak langsung dari elemen-elemen masyarakat yang melibatkan Pemerintah sebagai pembuat kebijakan, masyarakat sebagai sasaran kebijakan, media massa sebagai pihak yang memotret isu-isu terkini. Hal ini karena opini dan keluhan masyarakat tercermin di media sosial dan fakta-fakta yang terjadi bisa diketahui melalui media massa, dan media monitoring menggabungkan dua elemen tersebut dalam sebuah dashboard khusus yang bisa dipantau secara real time.

Study case: menanggulangi banjir merupakan tanggung jawab bersama, baik itu pemerintah maupun masyarakat. Melalui media monitoring kita bisa memantau pemberitaan di media massa mengenai kondisi terkini, sedangkan melalui media sosial masyarakat mengunggah konten yang bersifat opini mengenai seberapa parahnya banjir atau bahkan mengunggah foto beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab membuang sampah ke sungai. Pergerrakan data mengenai hal-hal tersebut bisa dipantau melalui dashboard media monitoring sekaligus, dengan begitu pemerintah bisa sebagai pembuat kebijakan bisa menentukan langkah selanjutnya, misalnya membuat aturan yang lebih ketat atau memberikan edukasi kepada masyarakat yang bersangkutan. Itu baru mengenai satu aspek mengenai banjir saja, bayangkan apabila media monitoring digunakan untuk menyelesaikan aspek-aspek strategis lainnya. Pembangunan dan pengelolaan sebuah kota akan berlajan dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *