Mengenal Teknik SEO On Page

Mengetahui teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam perusahaan digital sudah merupakan suatu keharusan. Mesin pencari adalah sumber penting untuk membawa pengunjung ke website perusahaan tersebut. Untuk terdaftar pada mesin pencari tidak begitu sulit, tetapi untuk mendapatkan peringkat teratas dan mempunyai rangking yang baik memerlukan beberapa hal yang harus dilakukan. Ini lah salah satu alasan mengapa teknik SEO itu sangat penting utuk diterapkan pada sebuah website, karena sekitar 80% dari peselancar hanya akan membuka hasil pencarian pada halaman pertama dan kedua saja.

SEO terbagi menjadi 2 bagian, yaitu SEO on Page dan SEO off Page. Pada bagian ini hanya akan membahas terkait SEO on Page. Teknik SEO on Page adalah sebuah optimasi SEO pada blog atau website langsung didalam blog atau website itu sendiri. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan berdasarkan teknik SEO on Page, antara lain:

  • Pilih template untuk website yang SEO friendly.

Design template website sangatlah penting, karena dapat berpengaruh terhadap penilaian website tersebut oleh pengunjung dan lemah nya design dalam segi SEO sangat dapat mempengaruhi rangking website tersebut. Karena CSS yang digunakan oleh template yang mendukung SEO biasanya menggunakan CSS yang tidak memakai property display:none, font-size:0 dll.

  • Cari kata kunci yang sering digunakan di search engine dengan menggunakan Google Trends.

Kata kunci adalah hal yang sangat penting untuk melakukan teknik SEO, karena itu dibutuhkan kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna search engine untuk mengoptimalkan pencarian konten yang ada pada website.

  • Edit site tittle dan tagline pada website dengan menggunakan kata kunci yang sering dicari di search engine.

Site tittle dan tagline website berpengaruh terhadap pencarian yang dilakukan oleh pengguna di search engine.

  • Edit permalink website dengan tipe nama post.

Permalink dengan tipe nama post adalah tipe permalink yang termasuk kedalam SEO friendly, karena dapat di modifikasi dengan menggunakan kata kunci sesuai dengan halaman yang dituju.

  • Membuat artikel unik

Artikel unik yang dimaksud adalah artikel yang tidak menduplikat artikel yang ada pada website lain, hal ini akan berpengaruh dari hasil pencarian bersarkan keyword yang dicari.

  • Memberi judul artikel sesuai dengan kata kunci yang akan dioptimalkan dan sesuai dengan isi dari artikel tersebut.

Judul artikel berpengaruh terhadap isi dari artikel yang dibuat, judul artikel bisa menjadi salah satu yang akan di cari oleh robot google berdasarkan keyword yang di cari oleh pengguna search engine tersebut.

  • Gunakan tags dan deskripsi disetiap postingan dengan menyisipkan kata kunci yang sesuai dengan isi artikel.

Penggunaan tags dan deskripsi yang tepat dapat menambah kekuatan SEO blog di search engine. Deskripsi berfungsi memuat informasi yang mendeskripsikan halaman blog anda. deskripsi muncul pada snippet deskripsi di hasil pencarian google.

  • Mengoptimalkan artikel menggunakan gambar

Gambar pada sebuah artikel tidak kalah penting nya dengan isi dari kalimat / kata didalam artikel, 60% hasil pencarian artikel kita di tentukan oleh gambar, dan sisanya dengan Kalimat/kata yang menjelaskan tentang makna gambar tersebut. Walaupun google tidak akan menghiraukan tampilan gambarnya, namun hanya membaca apa arti gambar tersebut. Arti gambar tersebut google dapatkan dari penggunaan Tag “Alt” pada gambar saat menggunakan kode HTML, Tag “Alt” tersebut bertujuan memberitahukan kepada google mengenai deskripsi singkat tentang gambar tersebut.

  • Rutin membuat/memperbaharui artikel pada website.

Rutin membuat / memperbaharui konten dalam website berpengaruh pada ranking alexa yang akan diperoleh website tersebut.

  • Membuat site map (Peta Situs)

Peta situs akan berpengaruh apabila kita mendaftarkan website kita ke search engine google. Karena google akan meminta peta situs website untuk mengindex nya.

  • Mengoptimalkan realeted post dengan menu navigasi

Mengoptimalkan related Post dimaksudkan untuk mengurangi Bounce Rate pada website dan juga dapat menambah pageview pada website.

  • Menginstall plugin All in One SEO Pack

Teknik ini hanya berlaku jika website kita dibangun menggunakan CMS(Content management Sytsem) wordpress. Plugin ini memudahkan pengelola website untuk mengoptimalkan konten yang ada pada website tersebut untuk pengoptimalan SEO di dalam website tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *