Mengenal Teknik SEO Off Page

Suatu website yang bila tidak dikelola dengan baik dari segi konten atau apapun yang terdapat dalam website tersebut akan berpengaruh besar terhadap rating website tersebut. Terdapat beberapa masalah yang ditimbulkan dari pengelolaan website yang buruk, yaitu :

  1. Tidak terindeks oleh search engine.
  2. Mempunyai ranking yang kurang baik.
  3. Sepi dari pengunjung.

Setelah mengetahui permasalahan-permasalahan yang timbul dari pengelolaan website yang buruk, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimizations) pada website.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai teknik SEO Off Page, yang mana pada artikel sebelumnya “Mengenal Teknik SEO On-Page” telah sedikit kami kupas beberapa hal atau langkah-langkah untuk mengoptimalkan mesin pencarian menggunakan teknik On Page. Teknik SEO off Page adalah kebalikan dari SEO on Page yaitu optimasi pada blog atau website yang dilakukan dari luar blog atau website tersebut. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan mesin pencarian menggunakan teknik Off Page. Hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Membuat Backlink

Ada beberapa cara dalam menerapkan teknik ini, backlink sendiri adalah meninggalkan atau menyimpan link website pada website lain. Salah satu contoh adalah dengan cara berkomentar pada website yang mempunyai rating baik dan menyisipkan link website kita di komentar tersebut.

  • Memanfaatkan Social Bookmarking

Social bookmarking itu sendiri adalah situs yang memungkinkan blogger untuk dapat menyimpan, mengelola dan berbagi alamat situs yang dianggap penting. Salah satu kelebihan teknik adalah website akan mendapatkan backlink yang berkualitas

  • Memanfaatkan Forum

Forum merupakan tempat yang paling efektif untuk mendapatkan traffic dikarenakan banyak blogger yang juga aktif dalam kegiatan forum. Salah satu cara promosinya adalah dengan mem-post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita.

  • Memanfaatkan Artikel direktori

Artikel directory digunakan untuk memperkenalkan website kita keberbagai orang dengan cara menulis artikel dan meninggalkan link website.

  • Memanfaatkan Social media

Social media merupakan hal penting dalam SEO, Sosial media dianggap sebagai tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia dan jika kita mendapatkan visitor yang masuk melalui social media, google menganggap visitor website kita merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website kita dan bukan hanya orang yang sekedar lewat ke website. Sosial media yang dapat dan banyak digunakan orang adalah seperti facebook, twitter dan instagram.

  • Melakukan Link submission

Link submission adalah proses untuk melakukan link building secara otomatis yang dilakukan oleh aplikasi berbasis web ke website lain atau pun search enggine.

  • Claim site pada situs alexa rank

Teknik ini dilakukan dengan cara mendaftarkan website ke situs alexa, yang berguna untuk meningkatkan ranking website.

  • Daftar di google webmastertools

Langkah ini merupakan cara untuk mengindex setiap artikel yang ada pada website. Sebelum menggunakan teknik ini, website harus mempunyai sitemap, kemudian link sitemap tersebut di submit ke google webmastertool.

Setelah menerapkan teknik SEO terhadap website baik menggunakan teknik SEO On Page atau SEO Off Page, kita dapat melihat perkembangan yang terjadi pada website, seperti melihat rangking yang dimiliki website yang halamannya telah terindex oleh google. Untuk melihat data pengunjung yang datang ke website dapat dilakukan dengan cara :

  • Menginstall plugin alexa rank pada browser

Dengan menginstall plugin ini kita dapat memantau perkembangan ranking website melalui browser yang kita pakai.

  • Menggunakan aplikasi google webmastertools

Dalam aplikasi ini kita dapat melihat perkembangan url website yang telah terindex oleh google.

  • Mendaftarkan website pada google analytics

Aplikasi google ini sangat power full, kita dapat melihat statistik pengunjung sebuah situ web, atau melihat alur kedatangan pengunjung apakah ada pengunjung yang aktif di dalam website kita, dan masih banyak lagi kelebihannya. Sebelum menggunakan google analytics, kita harus mendaftar dengan akun google terlebih dahulu, dan setelah mendaftar kita akan memberikan code yang harus di pasang pada bagian source code website.

Oleh : Aldi HY – 22 April 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *